Addicted to Korean

Posted: August 8, 2010 in About World + My Opinion

“Oh oh oh .. oppareul saranghae… ah ah ah ah manhi manhi he”
lirik diatas bukan lirik lagu India, tapi sebaris bahasa korea yang dituangkan dalam lagu. yeah .. saya sendiri gak percaya sama kenyataan bahwa saya sangat addict dengan yang namanya korean pop. Semua berawal dari drama korea Boys Over Flowers yang ditayangkan di salah satu televisi swasta akhir tahun lalu. pertamanya sih saya cuek cuek aja,dan lagi saya tidak terlalu mengikuti dari awal jadi saya cuma berpikir, “haduh., cino maneh cino maneh!” eh lha kok ternyata saya malah menelan ludah sendiri gara-gara gak tahan ngelihat kegantengan 4 cowok yang jadi pemeran utamanya. buat saya cowok-cowok itu seperti sengaja dilahirkan untuk menjadi bintang film, lihat saja mukanya yang flawless and priceless seperti di bawah ini :

tuh kan? cewe mana yang bisa nolak karismanya?  gak puas hanya lihat dari televisi saja, sayapun akhirnya membeli DVD drama ini untuk pertama kalinya. bisa dibilang BOF adalah koleksi DVD korea saya yang pertama. saya juga takjub. Kemudian setelah BOF fever selesai, saya pikir ngepens-ngepens-nannya saya juga  bakal berakhir, eh gak taunya saya malah semakin getol hunting DVD korea yang lain. dan gak hanya itu, saya juga “mempelajari” apa yang disebut dengan K-Pop, alias Korean Pop. dan disinilah saya dengan iPod yang berisi videoklip penyanyi – penyanyi korea seperti Super Junior, Girls Generation, T-Max, After School, Go Hye Sun, dan T-Ara.  unbelievable kan? teman- teman saya di kuliah sampai shock melihat perubahan kesukaan saya.  Mereka pikir korea itu kalo basa jawanya “nggilani”, gak banget dan sebagainya, tapi buat saya itu knowledge. Bahkan saya jadi tahu kalau penyanyi di Korea itu jarang ada yang nyanyi solo, semua harus nge-pack, harus berada dalam kelompok, dan gonta ganti personil dalam kelompok itu hal yang biasa. seperti Super Junior misalnya, awalnya mereka berjumlah 11 orang, tuh kan, pemain sepak bola aja kalah, tapi beberapa mulai ada yang keluar dan bergabung di grup boyband yang lain sehingga sekarang hanya tinggal 9-10 orang *saja*. kenapa saya kasih tanda bintang pada kalimat saja? , karena hal seperti itu biasa dalam dunia entertainment korea. lihatlah foto dibawah kalo gak percaya.

Ini mereka waktu pertama kali “muncul” ke layar kaca. Ada 13 orang.

Sekarang tinggal 10 aja coz yang tiga udah pindah ke boyband yang lain.

Yang ada di benak saya cuma satu, kalau ada 10 orang begini, gimana mereka ngebagi porsi suaranya waktu lagi nyanyi? sempat saya perhatikan di acara musik di beberapa stasiun TV korea yang di upload di youtube tentang bagaimana cara mereka membagi suara, ya memang sih semua kebagian buka suara, cuma jadinya gak maksimal karena masing masing mereka hanya nyanyi beberapa bait saja. Tapi mungkin ada positifnya dengan banyaknya keanggotaan mereka. Jadi ketika salah satu dari mereka gak bisa tampil, ada yang bersedia menggantikan posisi suara mereka di atas panggung. memang bener – bener useful ya! ..

Gak hanya soal suara dan jumlah keanggotaan, style mereka juga ternyata sempat menuai pro dan kontra. Berdasar pada salah satu adik kelas saya yang adalah K-addicts dan selalu update berita – berita Korea mengatakan kalau ada beberapa pihak yang menyebut Super Junior itu gay. jelas yang awam pasti akan menilai seperti itu, dilihat dari cara mereka berpakaian, wajah mereka yang flawless dan kadang di make up, serta beberapa yang grow muscles. That’s normal kalau ada yang berpikiran seperti itu, karena awalnya saya juga merasakan yang sama. Namun setelah saya iseng-iseng mencari tahu tentang mereka, yah memang seperti itulah style artis artis korea. apa yang hip, itulah yang ditonjolkan, meskipun harus berpakaian seragam dengan satu kelompoknya. Sehingga mereka tidak hanya menjual suara, tapi juga style dan good looking.

Berbicara soal good looking, saya juga pada awalnya takjub melihat artis-artis korea yang semuanya sangat menarik dan enak dilihat. kenapa? itu yang ada di pikiran saya. apa memang benar tidak ada satupun yang jelek? Lalu pertanyaan inipun dijawab dengan gamblang oleh fenomena Operasi Plastik. Yes. siapa yang sangka kalau dibalik kemulusan dan flawlessnya wajah mereka ada operasi plastik yang mendukung di belakangnya. coba lihat foto SNSD di bawah ini :

Menurut anda, berapa kira-kira umur gadis gadis ini? Dari sumber yang terpercaya, Mas Wikipedia, yang paling muda dari 9 gadis ini lahirnya tahun 1992, sedang yang paling tua tahun 1989. Tapi buat saya mereka jauhh lebih tua dari tahun kelahiran mereka. Berbicara soal operasi, dari salah satu blog yang saya baca, rata- rata dari mereka memang melakukan permak gila gilaan pada wajahnya. ya seperti before and after gitulah. Jujur saya tidak menjudge karena saya hanya menyampaikan fakta yang sebelumnya sudah disajikan seseorang. Saya hanya sedikit merasa”eman”, atau dalam bahasa Indonesia berarti “sayang”. Yang saya sayangkan hanya kenapa mereka harus melakukan operasi itu di usia yang terbilang sangat muda. apa gak capek harus terlihat cantik bahkan ketika mereka sedang tidak show? Tapi yahh .. kebanyakan juga bilang itu wajar, sebab mereka artis. dan lagi lagi, pada akhirnya tidak hanya suara saja yang dijual, tapi juga casing dari sang penyanyi itu sendiri.

Well, buat saya semua itu hiburan. Karena saya sendiri juga memang sangat terhibur. Buat saya pribadi itulah ciri khasnya korean pop song. kalau gak nge-pack, gak stylish, dan gak good looking, ya bukan K-Pop namanya!! Saranghaelah buat semua K-Pop stars!!

Terakhir sebelum wassalam, saya mau kasih 2 MW favorit saya kepada anda semua. Enjoy yaa ..

Gamsahamnidaaa .. anyyeong ! ^^

Advertisements

Fenomena Ponari

Posted: February 10, 2009 in About World + My Opinion

Ponari, fenomena dukun cilik yang mulai menuai banyak pro dan kontra. Beribu pertanyaan “kenapa” dan “kok bisa” mulai ramai berputar di benak banyak orang dan gak sedikit yang berusaha untuk mencari jawabannya. Ini menurut sumber yang sudah pernah berobat kesana dan memang bisa sembuh, awal mula munculnya kekuatan Ponari ini sebenarnya bukan dari dirinya, namun dari batu sakti yang dia dapat setelah pergi keluar rumah gara gara “emoh” makan. Kondisi ekonomi Ponari dan keluarganya yang serba pas pasan membuat Ponari jadi wegah dan mungkin tidak tega melihat ibunya harus mengutang beras terus terusan. Lha kok ndilalah, ketika Ponari berada di luar rumah itulah, sang batu sakti datang menghampiri dirinya melalui timpukan di kepala. Melihat bentuknya, Ponari lantas membawanya pulang. Ternyata di rumah, sang ibu bingung melihat batu itu dan kemudian dibuang. Percaya gak percaya, besok paginya batu itu balik lagi kerumah Ponari. Dan setelah itu, sang ibu mendapat wangsit untuk tidak membuang batu itu lagi karena batu itu bisa menyembuhkan penyakit banyak orang dan harus anaknya (Ponari) yang menggunakannya untuk mengobati. Dan jadilah, seperti yang sekarang kita lihat di tivi tivi berita tentang pasien Ponari yang mencapai ratusan ribu orang, bahkan sampai ada yang meninggal saking tidak kuatnya berdesak desakan dengan ratusan ribu orang lainnya.

Fenomena ini membuat saya berpikir kalau ternyata  masyarakat Indonesia itu masih banyak yang belum bisa meninggalkan pemikiran unlogics-nya. Dengan mudahnya mereka percaya begitu saja kalau anak setara kelas 3 SD bisa menyembuhkan penyakit dengan hanya berbekal batu yang bentuknya bahkan sama dengan batu batu pada umumnya. Bahkan yang mengherankan ada yang sampai “menyetor” nyawa saking inginnya diobati oleh Ponari.

Namun memang itulah realita masyarakat kita. Semua serba ketinggalan, dan modernisasi yang diterapkan di keseharian mereka sebenarnya hanya terbatas pada benda, dan belum pada pemikiran.

mirip gak si??

Posted: November 16, 2008 in Cerita Putri

ngganggur time .. tapi menghasilkan penemuan menakjubkan .. wahai bloggers, lihatlah kedua foto di bawah ini …

mirip gak yah?

mirip gak yah?

 

menurut kalian mirip gak ?? jawab Y bila mirip, and N bila tidak mirip .. ^0^

kangen pantaii ..

Posted: October 27, 2008 in Cerita Putri
Kuta Sunset

Kuta Sunset

aku kangen bali .. pengen balik lagi kesana .. kangen saat saat nyante di pante .. emang ya pesona pulau dewata itu bener bener gak bisa di lepaskan dari ingatan . padahal udah berminggu minggu sejak aku pulang ke surabaya . balik ke rumah malah bikin boring . bete . udah gak ada kerjaan, sehari hari cuma bisa nganggur , ngirim lamaran kesana kemari kebanyakan gak ada juntrungannya, temen temen juga gak ada yang ngajakin hang out, pada lupa semua kali ya kalo punya temen semanis diriku ini . hahahahahahaha ..

huffff … andai aku masih di bali sekarang ini, pasti aku uda diajakin liputan seharian, apalagi sekarang lagi hotnya Asian Beach Games di sana . hiks ,, kenapa aku pulang secepat ini ? padahal aku baru aja menikmati saat saat jadi wartawati olahraga, kenal yang namanya olahraga woodball, salaman sama atlitnya yang ganteng ganteng .. huwaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa ,,

kapan ya bisa balik lagi ??

seng nyak muleh .. hixt ..

Posted: October 6, 2008 in Cerita Putri
gonna miss this ..

gonna miss this ..

aku gak mau pulang ……. huwaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa,,, uda kadung kerasan di bali .. kenken kudu muleh? malessss ,, hihihihi .. ya,, kudu back to real life sih,, jadi ya mau gak mau ya kudu mau .. jadi critanya saya sudah pulang seminggu yang lalu dengan kondisi lancar jaya.. hahaha .. jalanan ndak macet, ya iyalah, lha wong pulangnya tanggal 1 oktober, pas semua lagi pada makan ketupat opor ayam, aku dan bapakku kelaparan di jalan pas perjalanan pulang. semua rumah makan pada tutup.. huwahahahahhahahhaa,, begonyaa !! jadi beberapa minggu sebelum pulang, saya sempat ikut syuting di karangasem. jalan jalan deuy !! haha . karangasem adalah kabupaten yang sangat kering, tapi banyak potensi wisata yang bisa digali disono.. keren uabis pokoke !! gak kalah keren dari kuta.

Karangasem Kering

Karangasem Kering

Sunrise at Ujung Beach, Karangasem, Bali

Sunrise at Ujung Beach, Karangasem, Bali

beautiful Candidasa Beach, Karangasem, Bali

beautiful Candidasa Beach, Karangasem, Bali

Indahnya Tmana Sukasada, Karangasem, Bali

Indahnya Tmana Sukasada, Karangasem, Balinelayan pulang melaut

and this ..

and this ..

hmm .. jadi warga bali selama 2 bulan ternyata enak sekali. hidup sendiri, apa apa diurus sendiri, semua serba mempercayakan pada diri sendiri. magangpun juga gitu. karena uda dipercaya, jadi ya udah gak dibimbing bimbing lagi, semua serba dikerjain sendiri, kalo bingung tinggal nanya, abis nanya ya sisanya lanjutin sendiri. begitu pulang, ketemu rumah, ketemu ibu, ketemu bapak, hmmph! diatur atur lagi deh .. hahahahaha .. ya gak papalah.. pengalaman .. entar lagi juga aku lulus (amin!) , trus kembali mengulang masa jaya sendiri di bali, tapi kali ini objeknya bedaa donkkk … senengnya tuh, aku uda ditawarin buat kerja di TVRI Denpasar kalo uda lulus nanti. yahh,,liat liat lah .. kalo emang dijinin Tuhan juga pasti bakal kerja disana.

and also this ..

and also this ..

 

 

 

 

haha .. hmm .. hari pertama dirumah enaknya ngapain ya? seng nyak muleh … T_T

CERITA 3 MINGGU LALU ..

Posted: September 6, 2008 in Uncategorized

basi deh critanya sekarang,,soalnya kejadian kejadian serunya uda lewat dari 3 minggu kemaren.. hihi.. habis gimana .. baru sempet onlen sekarang sihh .. haha! tapi masi belom terlambat kann .. well,, selama 3 minggu ini banyak kejadian menarik selama liputan. pertama kali jadi kameramen waktu liputan penghijauan di gianyar, pantai purnama. wowww .. jadi kisah si pante purnama ini,dia tuh pante yang panjanggg bangett en tiap 2 meter namanya bisa ganti ganti padahal benernya pantenya sama. keren kan ?? jadi aku njulukin si pante purnama ini, pante adeknya sanur. haha ! soalnya emang dia awalnya mulanya si pantai berawal dari sanur. hmm,, maybe ada sekitar 15 nama berbeda buat satu pantai ini.

 

 

gila gakk .. oh ya,, sebelum beranjak ke cerita selanjutnya, aku mau nyombong nih! aku uda mulai kenal jalanan di denpasar. arah ke kuta aku tau, arah ke joger tau, arah ke sanur tau, arah ke bedugul belum tau, jauh sihh .. haha! tapi paling ngga aku tau jalanan, ngga buta sama sekali lah .. kapan hari diajakin anne, temen di kampus yang magang di legian beach hotel. dia ngajakin aku makan nasi pedes di deket joger. sumpah bokkk… pedes bangetttt … nget .. nget … nasi sambel wonokromo gak ada apa apanya. jadi lauk yang aku order tuh mie goreng+telur bali+(apa gitu! lupa) habisnya 8000 aja. yahh,,lumayan mahal sih, tapi worth it! pedesnya super nendang .. hmmph! lain kali kalo kalian ke bali, jangan lupa cobain nasi pedes bu indra. dijamin gak nyesel uda numpang buang kotoran di bali. wakakakakakakakkaka … trus juga yang paling berkesan dari liputan liputan ini tuh waktu ngeliput kasusnya rektor ISI di gedung DPRD, sumpah seru abis.. baru kali ini aku ikut gabung di suatu forum yang panas benarr .. ternyata mahasiswa seni emang cuma manusia, mereka juga punya naluri untuk mengolok,mengejek, dan memanaskan suasana.  trus juga sempet ikut liputannya persiapan pelantikan gubernur Bali di DPRD juga. bayangin, masak satu tamu kudu dikawal satu polisi, sedang tamunya tuh ada 600. kebayang gak kalo buat pelantikan yang acaranya cuman jabat tangan aja butuh penjagaan 600 polisi dan satu tamu dapet satu. sekalian aja dibawa pulang buat bantu bantu cuci piring sama cuci baju. bwehehehehehehehhe .. trus juga sempet ikutan press conferencenya the 8th ASEAN Communication Information and Technology Minister & IT Meeting, jadi semacam pertemuan yang membahas program penyebaran teknologi high speed broadband connection untuk menggantikan neroband. ada 14 negara se asia yang dateng, jadi wajarlah kalo diriku berasa penting .. hehehe .. sejauh ini enak sih, cuman kadang aku tuh merasa gak adil kalo uda menyangkut ceperan. benernya si sebagi anak magang aku gak boleh berharap sama yang namanya ceperan, tapi karena aku ini sudah mulai bisa berpikir kritis (ceilehhh!!) jadinya yang sometimes berharap juga bisa kebagian ceperan.. tapi ya udalah,,kalo bukan rejeki, masak mau dipaksa. oyahh,, aku sempet nyoba makanan yang namanya lawar loh,, yang dibuat dari daging babi ituu.. sumpahh! rasanya anehhh … mana ada sayur yang dibuat pake gedebog pisang lagi. mual, tapi sebagai wujud menghormati, mau gak mau ya kudu mau en harus habis. hmmmphhh!! ngelawar ini benernya termasuk tradisi yang unik. tiap kali galungan, pasti keluarga keluarga di bali tuh udah nyiapin tim laki lakinya buat bikin yang namanya lawar, benernya sih gak harus laki, tapi kebanyakan emang yang bikin lawar itu cowok, bentuk penghormatan buat yang cewe yang uda disibukkan dengan kegiatan bikin sesajen. benernya gak cuma lawar aja yang kudu disiapin, ada juga kegiatan yang namanya bikin penjor. penjor itu nantinya di bentuk seperti lampion, nahh penjornya itu terbuat dari batang bambu,en hiasannya buat penjor dibuatnya dari janur. jadi bisa dibayangin berapa duit yang harus dikeluarin buat barang barang yang sebenernya fungsinya cuma di pajang aja. oyah FYI, bahan bahan sesajen yang ada buah buahnya itu juga beli. en belinya gak trimo sebiji dua biji, tapi maen kilo kiloan menn ..

 

tapi aku tuh salut banget sama masyarakat bali, soalnya seberapapun mahalnya perlengkapan yang kudu mereka beli buat galungan, mereka tuh gak pernah ngerasa nyesel atau ngeluh karena uda keluar duit, karena mereka emang bangga punya tradisi yang beda dari yang lain. aku lebih takjub lagi waktu negliat anak anak kecil en remaja seumuran smp gitu pinter banget maen alat musik tradisional beli en nari tarian tradisionalnya. jadi waktu kemaren aku ke parade gong kebyar di lapangan puputan badung, aku tuh sampe speechless ngeliat betapa hebatnya mereka nari tari penyambutan, maenin alat alat musiknya. bayangkan menn .. mereka tuh masih muda, umur umur rawan yang lebih seneng maen game ato RO daripada sekedar alat musik yang gak canggih kayak gitar, tapi mereka bisa en mereka respect sama apa yang mereka lakuin. hebat gak sih! aku bener bener salut sama masyarakat Bali. meski pulau mereka selalu jadi sasaran empuk wisatawan asing, tapi sama sekali gak membuat mereka terpengaruh sama budaya asing. kira kira kapan ya pulau jawa bisa seperti itu?

 

yaaaayyy .. akhirnya sampe juga aku di Bali.. tepatnya jam sembilan waktu bali (yang artinya jam delapan waktu surabaya). sebenernya sih sejak naik ferry di ketapang, perasaanku udah gak enak, seperti ada yang ngeganjal. begitu masuk bali, udah bener bener kerasa gak enak. dan pas sampe kossss,,, perasaan itu langsung membuncahhh .. ternyata perasaan gak enak itu dateng dari perutku yang membuatku kebelet “pup”. hakakakakakkakkaakkakakaka .. begitu nyampe kos, langsung deh cari kamar mandi. buahhhh !!! uda didudukin di kloset,ehh ,, malah gak kluar. rese gak sihh .. hahhh,,but eniwei., first impressionku bout this island is AH-MA-ZING!! andai aku gak sendiri pasti aku bisa menikmati setiap fasilitas yang ada disini, sayangnya aku sekarang masi sendirian disini. gak da temen, makanya mau kemana mana juga males, tapi kalo gak kemana mana malah lebih males lagi. menyenangkan kalo di kos ada tivinya, gak bakalan mati jenuh, tapi fakta membuktikan bahwa di kosnya saya gak ada tivi, jadi kudu cari hiburan di luar.. OMG. percaya gak percaya,, begitu nyampe kos,hal pertama yang bikin kangen banget adalah rumah dan kamar saya tercinta, terus ibu saya, yang berlanjut dengan kekangenan kepada ayah dan adik saya. hikss .. aku sampe nangis loh waktu ibu telepon aku tadi siang. kangen suaranya .. duhhh .. masi ada sehari lagi kayak begini yang harus dijalani.. semoga teman-temanku segera datang yah .. hhhhhh,,besok enaknya ngapain yahhh??

Bali,, I’m comin ..

Posted: August 3, 2008 in Cerita Putri

semester tujuh … huffffffff !! lots…lots…lots… of money have to spent. semester tujuh itu isinya magang dan magang itu ternyata menghabiskan banyak duit, dijalanin 3 bulan, diluar kota pula. benernya gak diluar kota juga gak papa sih, cuman karena aku adalah orang yang menomorsatukan kualitas (yeah right!) makanya aku milih magang yang jauh sekalian. TVRI – Renon – Denpasar – Bali. Jauh yaa .. hahaha .. yang laen si juga gak kalah jauhnya. ada yang Trans TV, Trans 7, Banjar TV, Metro Jakarta, sekalian aja ya VOA Washington. haha .. paling deket ya SBO maning-SBO maning. ndi maneh!! tapi ya itu, baru nyadar kalo ternyata gak cuma badan doank yang dibawa, tapi juga kudu cari tempat berteduh dari hujan dan panas alias koskosan, beli banyak baju kerja (formal pisan euy mintanya), bahan makanan, en de bre …en de bre .. en de bree … ya ampunnn.. aku si cuma berharap semuanya worth it. apa yang dikeluarin setara sama apa yang aku hasilin. gila aja, uda dibeliin ini itu tapi magangnya gitu gitu aja. aduhhhh,,, bunuh diri nih ! bunuh diri nih! haha … 3 bulan .. serasa lama. tapi sebentar. makanya fokus. jadi guys, doain magangku lancar jaya ya. mulainya 2 minggu lagi bokk .. 11 Agustus mpe pertengahan Oktober hopefully uda lebih dari 440 jam, jadi sisanya bisa buat plesiran. hiahahahahahaha ., oyah,, the most important thing when i come back is finding a job. cari kerja,apalagi yang paruh waktu ternyata ndak gampang, sodara-sodara! benernya si sebelum berangkat magang ini aku sempet apply apply di 2 radio swasta, tapi berhubung ada treningnya en jatuh di bulan pas aku lagi magang, ya gak bisa diterusin. rese gak sih ? yahhh,, but that;s the way of life. you never know what God has been prepared for ya’. jadi ya semoga aja ada yang lebih baik yang bisa aku dapet setelah aku pulang dari magang. well,, pray for me ya tementemen. deg-degan nih .. hihihhi .. Baliii,, I’m Comin !!

jika sedang bosan ..

Posted: June 1, 2008 in Cerita Putri

si py maen psp

hayo tebakk .. siapa yang lagi maen PSP difoto??

hihihi .. itu si evelynpy. sori lohh, kalo fotonya rada gak jelas, jadi critanya di kelas itu lagi ada diskusi hangat tentang adaptasi kekerasan oleh anak-anak melalui media, dan tim saya dan evelyn adalah tim yang pro kalau media juga berandil besar dalam pengaruh kekerasan pada anak-anak. pas suasana lagi panas-panasnya, si py malah adem-adem aja maen PSP. muahahahahaha .. untung duduk belakang, coba kalo didepann … hsssttt ,, tapi ini bukan promosi PSPnya lohh yaa .. hihihihi …

Halo semuaaa .. pertama-tama saya mau nyapa dulu buat para blogger yang sering mampir ke blog saya, tapi mulai jarang melihat kemunculan postingan baruu .. yeahhh .. smua ini dikarenakan kesibukan yang harus saya hadapi di kampus, yang membuat saya membuat satu kesimpulan kalau : KULIAH ITU TANTANGAN. jadi harus dihadapi tanpa patah arang dan semangat. jadi untuk dapat menyelesaikan satu tantangan, dibutuhkan konsentrasi yang tinggi yang tidak bisa dipecah-pecah, tapi karena saya sudah mulai bosan berkonsentrai, jadi saya tinggal sejenak tantangan-tantangan yang finishnya baru keliatan setaun lagii .. muahahahahahahhaa ..
well.. waktu lagi asyik ngecek e-mail, saya nemu satu artikel asik about global warming.bisa baca disini . artikel ini ceritanya tentang ramalan Jucelino di tahun mendatang, apa yang bakal terjadi di dunia ini dari tahun 2008 sampe taun 2012, dan tahukah anda kalo rata-rata ramalannya itu tidak enak didengar? bukannya bertambah baik, tapi it’s all about disaster. bencana disana, bencana disini, gedung runtuh, kekeringan, penyakit menular, cuma satu berita baiknya, kalo penelitian untuk menemukan obat kanker sudah berhasil di lakukan, tapi jenis penyakit baru akan semakin bermunculan. hmm .. memang sih ini cuma ramalan, bisa bener bisa ngga, tapi kalo kita liat kenyataan yang sudah terjadi akibat efek global warming, kita perlu berpikir 2 sampe 10 kali untuk mengabaikan ramalan ini.
membaca ramalan diatas, saya jadi teringat film An Inconvenient Truth-nya bapak Al Gore yang merupakan pencerminan dari global warming yang sebenar-benarnya. Banyak yang menyarankan, bahkan mewajibkan untuk menonton film itu, tapi menonton saja tanpa ada tindakan juga tidak akan berarti apa-apa. Ketika sedang menonton, hati kita pasti akan terenyuh melihat hasil kemarahan alam terhadap umat manusia, emosi kita tercampur aduk, tapi setelah film selesai, kita akan kembali menjadi manusia “normal” seperti sebelumnya. membuang sampah sembarangan, boros listrik dan air, memacu laju kendaraan kita yang berasap tebal dengan sombongnya, dan kita sendiri gak sadar kalo sebenarnya kita telah menjadi pemicu semakin parahnya global warming. jadi seperi senjata makan tuan.
jujur, ketika membaca artikel ramalan jucelino, saya pribadi tidak siap menghadapi kenyataan kalo 1/3 umat manusia akan punah akibat kemarahan alam yang mulai menjadi, kedengarannya sangat tidak manusia, kan? manusia punah karena perbuatan alam, bukan karena termakan usia. not fair enough, i think. lalu, apa yang bisa kita lakukan? memang belum ada kata terlambat untuk mulai menanggulangi persebaran global warming yang makin meluas, namun pertanyaannya, siapa yang mau memulai duluan? dan bisakah kita mempertahankan habit baru dalam diri kita untuk mulai membiasakan diri menyayangi bumi dengan tidak menjadi manusia “normal” itu?
pertanyaan ini hanya bisa dijawab di hati kecil anda sekalian. karena bertindak tanpa banyak bicaralah yang saat ini perlu untuk digalakkan demi kesejahteraan kita bersama.,,