between one and ten ..

Posted: December 23, 2007 in Blogroll, Cerita Putri

179600_ep06_ev.jpg number10.jpg  questionmark.jpg

“Hmmm …. ada apa dengan 1 dan 10 yaaa ???” tanya pria diatas .

 huahhhh …. senangnyaaaa!! akhirnya UAS tlah selesai dan libur tlah tibaaaa ,, huwahahahahahaha …. udah mulai hari kemis kemaren , saya leyeh leyeh nikmat di rumah. sesekali cabut ke kantor , tapi gak stay lama . rindu rumah mulu bawaannya ! huaha . eh , tapi gak kerasa ya bulan desember udah mau abis . bentar lagi natal , agak nyesel juga karena natal taun ini aku gak dapet feelnya sama sekali . kenapa? karena menurut kebiasaan orang katolik , sebelum ngerayain natal itu kudu ngaku dosa , biar plong dan bebannya jadi ringan waktu ngerayain natal . jadi ngerasa bersih gitu loh , meski masih bernoda dikit . tapi saya gak pernah sempet buat ngaku dosa . 3 hari yang disediakan gereja , rasanya bukan hari yang tepat . Selama 3 hari itu saya sibuk ngurus kerjaan . mana sering ujan lagi , jadi sering kehambat dijalan . uuuppsss …aduh,, kenapa jadi nyalahin situasi yaa ?? gak bolehh … gak boleh … yahh,, doakan saja semoga saya masih sempat ngaku dosa sebelum tanggal 25. eh,tapi bukannya tanggal 25 tinggal 2 hari lagi ?? hhmmm…. mengandung bingung!oh yah . akhir akhir ini kerjaan saya mengharuskan saya untuk berkunjung ke sekolah – sekolah . cari info terbaru tentang fasilitas sekolah ,agenda kegiatan, ekskul , sistem blajar mengajar . barusan saya ke sma 10 dan sma 1 . ada perbedaan yang sangat mencolok antara 2 sekolah ini baik dari segi fisik maupun non fisik . Secara fisik , pastinya dari bentuk gedungnya , ya . trus non fisik , apalagi kalo bukan kualitas siswanya . sedikit crita , waktu saya berkunjung ke sma 10 , saya cukup kaget melihat bangunannya , terutama pintu gerbangnya yang , maaf kalo awalnya saya mengira ini gedung bangunan SD Inpres. sungguh , saya tidak bermaksud menjelekkan atau yang lain , saya hanya mencoba bicara jujur . hal lain lagi , ketika saya ngobrol sama beberapa siswinya yang tergabung di ekskul jurnalistik , saya jadi ingat ketika saya masih sekolah dulu dan tergabung di ekskul bahasa inggris yang kurang diperhatikan oleh para guru guru . bahkan ketika mau ikut lomba pun , juga kurang didukung , jadilah semuanya serba diurus sendiri . dan ini jugalah yang dialami oleh siswi ekskul jurnalistik itu . sebenarnya ekskul jurnalistik itu adalah ekskul yang langka menurut saya , karena gak semua sekolah punya , apalagi yang bagus . tapi kalau gak dikembangkan , gak akan mungkin kelihatan bagusnya , kan ? padahal kalau saya bilang ya , cewek cewek yang saya ajak ngobrol itu berpotensi besar dan cukup punya bakat loh ! jaman sekarang kan cukup susah cari anak muda yang masih mau berkarya di sekolah . nah , kalo sma 1 , jelas sekali kebalikan dari sma 10 tadi . meski gak punya ekskul jurnalis , tapi “telor” prestasi yang di hasilkan udah gak bisa di itung pake jari lagi . sebenarnya ini bukan hal baru , mengingat kalau sma 1 memang cukup favorit di kalangan warga surabaya . tapi pernahkah kita berfikir kalau perbedaan ini bisa saja menimbulkan efek negatif baik itu untuk salah satu maupun keduanya ? padahal kedua sekolah itu sama – sama negeri-nya . sama sama milik pemerintah , tapi kenapa jadi dibeda bedakan ? entah sejak kapan , namun setiap kali ada pembicaraan soal sekolah pasti sma 10 notabene dikaitkan dengan yang jelek jelek , sedang sma 1 selalu yang bagus bagus . contoh : “wingi ono arek sma 10 mlebu kantor polisi , jarene mergo tawuran karo arek sekolah liyo!” . contoh 2 : “arek sing menang lomba karya ilmiah nang balai pemuda kuwi sekolah nang sma siji yo ?? wahhh ,, yo pantes , ancene areke pinter – pinter !”. dan masih banyak percakapan lain yang mungkin anda sendiri juga sering mendengarnya , atau malah terlontar dari anda pribadi . gak pernah terpikir ya sebelumnya soal ini ? haha . saya sih iseng aja , tapi jadinya malah membuat saya berpikir , apa sebenarnya yang membuat angka 1 menjadi begitu spesial dan identik dengan kesuksesan , namun tidak dengan angka 10 . padahal ya , kalo pake standart penilaian untuk ngasih nilai ulangan , justru angka 10 kan yang paling bagus , dan angka 1 yang paling jelek . sering dapet angka 1 malah bikin gak naik kelas . bener gak ? ^0^

yah,, tapi semua tetap kembali lagi pada pribadi masyarakat sekolah itu , terutama siswa dan gurunya . anak jaman sekarang memang beda dengan jaman dulu yang sangat perhatian dengan prestasi , sekecil apapun itu . Karena berhasil memenangkan lomba itu ngefeknya kan ke nama besar yang memenangkan , apalagi kalo lombanya seputar karya ilmiah , science dan yang berbau bau akademik gitu . piala di sekolah saya dulu banyak sekali ! tapi sayang , perjuangan untuk menambah koleksi piala itu terhenti di tahun angkatan setelah saya . ya gak tau lagi kalau sekarang sudah mulai bangkit . dan sebenarnya , niat murid untuk berpacu dengan prestasi juga ditentukan dari sejauh mana para guru mendukung semangat mereka . toh ya kalo siswanya menang , yang bangga dan yang untung kan sekolahnya juga . iya ato iya ….???

p.s:  sekedar informasi , buat pembaca blog ini yang punya kenalan jurnalis , atau mungkin anda sendiri seorang jurnalis dan mau memberikan pelatihan cuma cuma untuk anak anak ekskul jurnalis di sma 10 , harap kasih comment di blog ini , nanti saya langsung kabari ketua ekskulnya untuk segera menghubungi sampeyan sampeyan sekalian . 

danke  ,,

Comments
  1. Nunung says:

    Lho aku tadi udah ngasih comment kok ilang yo, yo wes lah… thanks udah mampir blogku, met kenal juga. Merry Christmas & Happy New Year, sorry telat ngucapinnya, karena baru sempat posting & BW hari ini. God bless u always

  2. yolagani says:

    ayo kita bantu mereke dengan otak kita, lohhhhhh ngapain jauh2 annak2 yang sudah lulus TMMB seharusnya sudah punya kapabilitas untuk melatih mereka. Don’t think too far, think that there are always ways nearby you.

  3. Gandhi says:

    ada yg pinter masak gak? mau donk diajarin masak

    *OOT yah, kabur ah, daripada dilempar apel ma putri*

Leave a Reply

